kebudayaaan, keunikan serta ciri khas kota malang



KEBUDAYAAN, KEUNIKAN SERTA CIRI KHAS KOTA MALANG

                Kota Malang  terkenal sebagai kota yang kaya akan seni dan budaya. Mulai dari makanannya , tariannya, pendidikannya serta wisatanya. Kota Malang juga terkenal akan kerajinannya seperti Keramik Dinoyo dan Topeng Malangan serta budayanya yang biasa kita sebut Jaran Kepang dan Tari Topeng. Tak kalah dari kerajinan dan budayanya kota malang dikenal dengan wisatanya mulai dari pantai, candi-candi hingga tempat rekreasinya yang menarik perhatian para wisatawan dalam negri maupun luar negri.

      


                Keunikan Kota Malang yang pertama adalah Tari Topeng Malangan pertunjukan seni tari ini semua pemerannya menggunakan topeng. Seiring perkembangan jaman Tari Topeng Malangan mulai meredup. Namun masih ada beberapa sanggar di kota maupun kabupaten Malang yang masih mempertahankan warisan. Usaha itu terbukti dengan pertunjukan yang digelar secara rutin serta dengan penambahan variasi dalam pertunjukan yang membuatnya semakin menarik, namun tidak meninggalkan warisan yang ada.
                Keunikan Kota Malang yang kedua adalah Batik Malangan karena semua motifnya terinspirasi oleh yang ada di Malang sendiri. Batik di daerah Malang memiliki banyak karakter tergantung dari mana asalnya. Motif dari batik biasanya terinspirasi dari kekayaan alam dan bangunan candi yang ada di Malang. Salah satu  Batik Malangan yang terkenal adalah batik tulis. Batik tulis memiliki ciri khas pada motifnya yang banyak menggunakan gambar bunga serta peroaduan warna terang dan modern.
Keunikan Kota Malang yang ketiga adalah basa walikan (Bahasa Kebalikan) yang sering digunakan oleh kebanyakan orang asli Malang. Basa Walikan berasal dari pemikiran para pejuang dulu yaitu kelompok Gerilya Rakyat Kota (GRK). Bahasa ini dianggap utuk menjamin kerahasiaa, keefektifan komunikasi sesama pejuang serta sebagai pengenal identitas kawan dan lawan.
Keunikan Kota Malang selanjutnya adalah Festival Malang Tempo Doloe. Acara ini adalah sebuah Event yang menampilkan karakteristik dari adat, budaya serta sejarah kota. Malang Tempo Doloe juga menyajikan makana khas tradisional untuk diperkenalkan kepada pengunjung serta diperjualkan.

     


               
Ciri khas yang terkenal di Kota Malang adalah Bakso. Bakso merupakan makanan yang sangat khas di Kota Malang dan digemari oleh banyak orang. Bakso Malang mempunyai ciri khas isi yang lengkap seperti pentol halus, pentol kasar, tahu, goreng, somay dan masih banyak lagi. Sekarang banyak bakso yang dikembangkan mulai dari Bakso Mercon yang didalam pentolnya terdapat cabe sampai Bakso beranak yang pentolnya kurang lebih sebesar mangkok Bakso yang didalamnya ada pentol ukuran kecil dan masih banyak lagi macam-macam Bakso yang ada di Kota Malang.
                Ciri khas yang terkenal di Kota Malang selanjutnya adalah sempol. Sempol merupakan makanan yang diolah dari campuran ayam giling/kornet dan tepung tapioka yang diberi bumbu agar gurih dan lezat. Di Kota Malang untuk mencari pedagang sempol sangatlah mudah mulai dari pinggir jalan sampai warung-warung gorenganpun ada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Prodi S1 Fisioterapi UMM

Tentang UMM